STRATEGI MENYUSUN BUSINESS PLAN DALAM MEMENANGKAN PERSAINGAN USAHA DI ERA PERDAGANGAN BEBAS

LATAR BELAKANG
Tidak dipungkiri lagi bahwa di era kompetisi global  dan telah bergulirnya  perjanjian perdagangan bebas ASEAN dan AFTA ASEAN – China pada tanggal 1 Januari 2010, semua perusahaan  perusahaan bisnis  ( manufaktur dan jasa )  serta perusahaan non bisnis ( nirlaba ) baik yang baru berdiri, yang sudah eksis maupun yang akan ekpansi sangat dirasakan  perlu memiliki  perencanaan bisnis ( Business Plan )  sebagai  acuan  dalam  mengelola perusahaan untuk mencapai  visi dan misinya  Mengapa demikian ? Karena disamping Business Plan merupakan peta usaha ( road map ) yang akan  memberikan keyakinan kepada management  bahwa bisnis yang akan dijalankan mempunyai prospek  yang cerah dan menguntungkan  juga akan memudahkan pelaku bisnis menjalin hubungan kerja sama dengan para investor dan mitra bisnisnya  dalam mengawal aktivitas bisnisnya nya agar tujuan perusahaan untuk maksimalisasi laba dapat tercapai
Dalam Two Days Workshop ini, peserta akan mendapatkan pencerahan / sharing  tentang  teori dan praktik  dalam menyusun  business plan yang benar,  mudah dipahami  dan dapat  diaplikasikan oleh semua perusahaan  bisnis ( manufaktur dan jasa ) dan perusahaan non bisnis ( nirlaba )

TUJUAN WORKSHOP
  • Mengeliminir kesalahan  memilih bisnis pada awal pendirian dan pada saat expansi
  • Mempertahankan bisnis yang telah eksis  dan memudahkan expansi bisnis di lingkungan yang penuh kompetisi
  • Membekali peserta dengan peta usaha sebagai pedoman dalam menentukan arah kebijakan perusahaan dalam mengeksploitasi peluang  bisnis
  • Membekali peserta agar dapat menyusun business plan yang dapat menyajikan semua informasi penting dari berbagai aspek usaha  bisnis yang meliputi key success factors, key management, marketing, production, financial dan  strategic planning

METODE WORKSHOP
  • Lekture
  • Diskusi / Sharing
  • Case Study
  • Simulasi

MATERI WORKSHOP
HARI PERTAMA  :
  • Introduction Business Plan
  • Executine Summary
  • Business Description ( Products and Services )
  • Management Tim
  • Business Environment Analysis  ( SWOT )
  • Industry Backgroundf
HARI KEDUA :
  • Competitive Analysis
  • Marketing Analysis
  • Marketing  Plan
  • Marketing Summary
  • Financial Plan ( Cash Flow, Income Statement, Break Even Analysis dan Balansheet )
  • Projection & Forecasting ( Payback Period, NPV, IRR, ROI & ROE )
  • Summary Business Plan

PESERTA WORKSHOP
  • UMKM
  • Kopersai
  • BUMN / BUMD
  • Anak Perusahaanh BUMN / BUMD
  • Perguruan Tinggi
  • Lembaga  DIKLAT
  • Lembaga Keuangan / Perbankan
  • Yayasan
  • Rumah Sakit
  • Publik

Workshop Leader :
Drs. H. Moeljadi
Adalah praktisi di bidang Cash Management dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di perusahaan telekomunikasi milik pemerintah ataupun di beberapa perusahaan swasta.
Beliau mendapat penghargaan dari Direktur Utama PT. Telkom yang direkam dalam buku intern penerbitan PT. Telkom yang berjudul  “  Mereka Yang Berjasa “, dan dikukuhkan dengan penghargaan prestasi kerja dari Menteri Perhubungan Dan Telekomunikasi Republik  Indonesia , karena inovasinya dalam mengembangkan rumusan teori dan aplikasi cash management di PT. Telkom, sehingga dalam kurun waktu empat tahun (1984 s/d 1988), PT.Telkom meraih laba non operasional sebesar  Rp 247.227.000.000 ( 1991 ).
Dari pengalamannya tersebut, Beliau juga telah meluncurkan sebuah buku yang berjudul “Great Cash management Great Profit “,  yang diterbitkan oleh PT. Elex Media Komputindo ( Kompas – Gramedia ). Beliau lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga Surabaya dan melanjutkan study program Sarjana Jurusan Management Fakultas Ekonomi di Bandung.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar